Lontong Balap Plus Sate Kerang

Gado-Gado Khas Jawa Timur
July 26, 2017
Lontong Kupang Jawatimuran
July 26, 2017

Lontong Balap Plus Sate Kerang

Surabaya terkenal dengan kota pahlawan tapi juga banyak kuliner tersaji disana, dari emperan sampai hotel bintang, perlu anda coba saat berkunjung di kota Surabaya Lontong Balap Pak Gendut adalah salah satunya. Jangan harapkan restoran yang dingin saat berkuliner di tempat ini. Namun siapkan banyak tissue untuk membasuh keringat anda.
Bukan hanya karena panas, tapi karena masakan ini cukuplah pedas. Tidak lupa, sertakan sate kerang dan es degan untuk melengkapi sensasi kuliner nan murah namun pasti melekat di ingatan.
Setidaknya pedasnya akan melekat di perut anda untuk beberapa saat.
Kenikmatan itu bisa dijumpai di antaranya di warung lontong balap Pak Gendut yang hadir sejak 1958. Sepiring lontong balap tersaji bersama lentho, mirip perkedel, tapi terbuat dari kacang merah.
Di piring lain terhidang sepuluh tusuk sate kerang bertabur bawang goreng. Tak lupa disandingkan semangkuk kecil sambal petis udang Sidoarjo yang menguarkan aroma khas. Lontong balap termasuk kategori makanan berat sekelas nasi meski terbuat dari bahan-bahan yang sederhana, yaitu irisan lontong, tahu goreng yang dipotong-potong, dan taoge yang hanya disiram air panas. Campuran bahan itu kemudian disiram dengan kuah bening panas. Untuk menjaga kuah tetap panas, kuali terus dipanggang di atas tungku berbahan bakar arang yang membara. Sebelum disajikan, tak lupa ditaburkan irisan daun bawang dan bawang goreng ditambah kecap manis.Seuudep rek

Comments are closed.